Sabtu, 22 November 2008

Dari Sepinya Gunung Arjasari


Siapa Agus? Ia adalah pengelola Taman Bacaan Arjasari yang lebih terkenal dengan sebutan Dapur Buku di Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Inisiatif pribadi untuk menularkan minat baca telah mendorongnya untuk membuka taman bacaan di ruang dapur rumahnya yang berukuran 2×3 meter. Beruntung baginya, Dapur Buku yang ia kelola mendapat banyak perhatian dari masyarakat dan pemerintah daerah setempat. Lahan dan ruang bacanya menjadi makin luas sekarang. Koleksi bukunya lebih dari 3000 eksemplar. Dapur Buku juga telah menyabet penghargaan tingkat provinsi Jawa Barat, sebagai Taman Bacaan Masyarakat Berprestasi 2006.

Dapur Buku pun tak pernah sepi dari pengunjung yang kebanyakan adalah anak-anak usia sekolah. Hal ini juga ditunjang dengan kenyamanan ruang baca dan luasnya arena bermain di sana. “Aktifitas di Dapur Buku memang tak hanya baca buku. Di sini juga bias nonton video-video kartun yang mendidik. Selain itu, anak-anak dan siapa saja, bisa beraktifitas di halaman luarnya. Ada juga lapangan olahraga buku tangkis di sini,” ujar Agus Munawar yang berprofesi sebagai wartawan Tabloid Mitra Bisnis sejak 8 tahun lalu.

Uniknya, ia punya program yang namanya Jemput Pembaca. Minimal seminggu sekali, ia dan beberapa koleksi bukunya menumpangi delman/andong berkeliling kampung. “Ke pasar, ke terminal, dan kemana saja, saya mengelilingkan buku-buku ini dan meminjamkannya kepada mereka yang ingin membaca dan belajar membaca,” ungkap Agus. Kini, ia juga sedang membina 2 buah TBM yang baru di buka di daerahnya.